Cara Membuka Usaha Rumah Makan untuk Pemula

Cara Membuka Usaha Rumah Makan untuk Pemula

Cara membuka usaha rumah makan untuk pemula yang baik dan benar agar terhindar dari kerugian. Beberapa Cara berikut ini bisa dijadikan referensi sebelum anda membuka usaha rumah makan agar bisa berkembang dengan pesat.

Bisnis kuliner atau bisnis rumah makan semakin melejit sehingga persaingannya semakin ketat. Dengan berkembang pesatnya para pecinta kuliner mencari makanan atau minuman yang khas,unik dan tentunya enak menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Hal ini membuka lebar – lebar peluang bisnis kuliner yang sangat menjanjikan dan menjadikan bisnis rumah makan ini menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya sepanjang zaman.

Tapi perlu anda ketahui, berbisnis rumah makan ini sangatlah sulit, karena ada banyak sekali pesaing di luar sana yang sudah berpengalaman dan telah sukses menarik perhatian masyarakat. Untuk itu anda sebagai pemula harus bisa membuat bisnis anda menjadi lebih istimewa dari rumah makan lainnya.

Anda harus pintar dalam memikirkan ide-ide menarik untuk memikat pelanggan agar mau kembali dan berlangganan di rumah makan anda. Karena pada dasarnya sebuah rumah makan selalu ramai pelanggan karena banyaknya pelanggan yang kembali lagi karena makanan yang enak atau tempat yang nyaman.

Bagi anda yang pemula, pasti anda ingin tau bagaimana cara membuka bisnis rumah makan yang menguntungkan bukan? Mari kita kupas sama-sama.

Modal Pasti & Tidak Pasti

Untuk mulai membuka usaha rumah makan anda harus menyediakan modal pasti serta modal yang tidak pasti. Modal pasti di sini berupa tempat untuk usaha rumah makan, properti, peralatan dapur, buku menu dan semacamnya. Sedangkan modal yang tidak pasti yaitu bahan masakan, box untuk membungkus makanan, gas, buku pesanan, dan lainnya.

Modal pasti itu adalah modal yang hanya anda keluarkan sekali saja pada awal membuka usha, kecuali jika sudah rusak dan harus segera di ganti. Dan modal yang tidak pasti adalah yang perlu anda beli lagi ketika sudah habis.

Tempat atau Lokasi

Anda harus memilih tempat serta lokasi yang strategis untuk membuka usaha anda. Lihatlah dengan teliti dan jangan terburu-buru dalam membuat pilihan. Usahakan agar rumah makan anda di lalui banyak orang dan mudah di kunjungi pelanggan. Jika rumah makan yang anda buka terletak di tempat yang tidak strategis dan tidak mudah untuk di cari, maka kemungkinan besar para pelanggan yang ingin mengunjungi rumah makan anda akan kesulitan mencari jalan.

Konsep Rumah Makan

Sebelum mendirikan rumah makan, anda perlu memikirkan dan mengatur konsep terlebih dahulu untuk rumah makan anda. Tentukan konsep sesuai dengan tema rumah makan anda. Misalnya rumah makan kuliner masakan padang, maka anda bisa memikirkan konsep yang berasa seperti daerah padang walaupun anda dirikan di Aceh.

Dengan begitu, orang yang ingin merasakan suasana di padang maka bisa langsung ke rumah makan anda. Atau anda juga bisa membuat konsep yang unik, karena saat ini banyak orang yang suka mengunjungi tempat unik untuk berfoto. DAn foto tersebut biasanya akan di upload ke dalam sosial media, nah dengan begitu anda akan memperoleh keuntungan. Karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempromosikan tempat anda.

Juru Masak

Jika anda salah satu orang yang pintar dan gemar masak, anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa koki. Silahkan anda gunakan jasa anda sendiri, karena ana tidak hanya menghemat biaya namun anda bisa mengetahui apa yang harus di perbaiki dari rasa masakan. Dan anda juga bisa mempelajari apa yang pelanggan anda sukai dengan menu rumah makan anda.

Pelayanan yang Baik

Anda harus menyediakan pelayanan yang baik untuk para pelanggan anda. Karena kunci pelanggan selalu setia menjadi pelanggan setia bukan hanya rasa masakan yang enak, tetapi juga pelayanan rumah makan yang baik dan ramah akan membuat para pelanggan nyaman.

Tidak nyamannya pelanggan bisa berasal dari pelayan rumah makan anda yang terkadang judes atau bahkan tidak tersenyum kepada pelanggan. Ada banyak rumah makan saat ini yang tidak ramai di datangi orang, salah satunya karena adanya pelayan yang kurang ramah. Maka pastikan agar pelayan rumah makan anda berasal dari orang-orang yang ramah. Jangan sampai karena satu pelayan mengakibatkan rumah makan anda sepi pelanggan.

Target Pelanggan

Anda sebagai pemiliki rumah makan yang baru merintis bisnis anda tentunya harus siap untuk membuat bisnis anda berkembang. Tidak hanya itu, anda perlu mengetahui target pelanggan anda yang seperti apa. Misalnya para perokok dan non perokok, anda harus menyediakan tempat yang berbeda. Dan contoh lainnya seperti para orang tua dan anak muda, lajang dan yang sudah berkeluarga mereka memiliki kebutuhan yang berbeda.

Promosikan Bisnis Anda

Jika anda tidak menyebarluaskan rumah makan anda yang baru saja anda rintis, orang-orang pasti tidak akan datang ke tempat anda kecuali orang-orang yang berlalu lalang di depan rumah makan anda. Jadi promosi ini sangat penting untuk perkembangan bisnis anda, buatlah promosi semenarik untuk menarik perhatian masyarakat. Anda bisa menggunakan media sosial, marketplace, website/blogspot gratisan untuk mempromosikan rumah makan anda agar berkembang pesat, karena saat ini internet menjadi media yang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *