Menjadi seorang penulis lepas yang profesional

Menjadi Seorang Penulis Lepas Yang Profesional

Anda memiliki hobi menulis? Sebaiknya anda memulai bisnis dengan menjadi seorang penulis lepas. Saat ini permintaan jasa penulis lepas sangat banyak. Rata-rata pemiliki web atau blogger, berita, novel dan sebagainya banyak mencari penulis lepas untuk menulis beberapa artikel pada blog misalnya.

Hal tersebut karena mereka tidak memiliki waktu atau alasan lainnya yang memaksa mereka untuk menyewa jasa penulis lepas. Mereka rela membayar berapapun untuk sebuah artikel yang bagus dan menarik untuk di baca.

Jika anda ingin menjadi seorang penulis lepas yang profesional dan di hargai ileh para client anda, maka berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda ikuti.

Jagalah Kepercayaan Client

Untuk mendapatkan kepercayaan seseorang sangatlah sulit, bahkan butuh berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mendapatkan kepercayaan orang. Begitu sebaliknya, untuk mematahkan kepercayaan orang adalah hal yang sangat mudah. Bahkan bisa dengan satu kata saja kita sudah bisa membuat orang tidak mempercayai kita lagi.

Jika seorang client sudah mempercayai anda untuk menjadi partner kerja, maka jagalah kepercayaan tersebut. Jangan sesekali membuat client anda kecewa dengan pekerjaan anda. Karena jika client anda mencari peulis lain, maka sia-sialah usaha anda selama ini.

Mengasah Tulisan

Ada sebagian orang yang cepat puas dengan keadaan beliau saat ini. Namun banyak juga orang yang terus menerus belajar agar apa yang beliau dapatkan saat ini akan terus menjadi lebih baik ke depannya. Sekarang terserah anda ingin jadi orang seperti apa. Tapi sebaiknya anda terus mengasah kemampuan yang anda miliki saat ini, agar ke depannya anda akan mendapatkan hal-hal yang membanggakan diri anda sendiri.

Tidak Menggunakan Jam Karet

Hal inilah yang sering membuat orang-orang sering berulang kali mencari jasa penulis yang berbeda-beda. Banyak penulis lepas yang tidak profesional dan menganggap enteng dan selalu berkata “besok sajalah”. Dan pada akhirnya pekerjaan selalu tidak siap dengan waktu yang di tentukan.

Jika anda ingin client selalu mempercayai jasa anda, maka jangan pernah menunda pekerjaan anda atau menyepelekan pekerjaan yang mudah. Itu adalah sifat dari seorang penulis yang tidak profesional. Jika client menentukan dalam waktu 1 minggu pekerjaan harus selesai, maka anda harus menyelesaikannya tepat waktu. Dengan begitu client akan menghargai kerja anda, karena anda adalah seorang penulis profesional.

Tidak Memaksakan Diri

Ada masanya di mana seseorang jatuh sakit, ingin beristirahat, mencari suasan baru untuk mendapatkan ide baru, dan hal lain sebagainya. Maka jika pada saat ini anda mengalami salah satu hal tersebut, anda tidak untuk menerima pekerjaan dari client. Atau ketika anda memiliki banyak pekerjaan anda tidak memaksakan diri dengan menerima pekerjaan baru.

Jika anda memaksakan diri dengan keadaan anda di atas, maka anda sama saja mencoba untuk menghancurkan kerja keras anda yang sudah berhasil menarik kepercayaan client. Karena anda pasti tidak akan mengerjakan pekerjaan anda dengan benar, atau bisa saja anda tidak menyelesaikan pekerjaan itu tepat waktu. Hal buruk lain juga bisa terjadi jika anda terlalu memaksakan diri.

Memperluas Wawasan

Menulis memerlukan sebuah referensi atau pengetahuan. Anda tidak bisa menulis apa yang anda pikirkan sedangkan anda tidak tahu apa yang anda tulis tersebut benar atau salah. Orang-orang akan menganggap anda menyebarkan berita palsu atau sebagainya. Perluaslah wawasan anda agar anda memiliki banyak pengetahuan untuk tulisan-tulisan baru yang menarik pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *