Tips Memulai Bisnis Kecil Untuk Pemula

Tips memulai bisnis kecil untuk pemula

Bisnis kecil selalu menghadapi banyak tantangan untuk tetap bertahan. Banyak pengusaha pemula percaya bahwa yang mereka butuhkan hanyalah ide atau produk, nama untuk bisnis kecil mereka, sedikit pekerjaan dan produk akan terjual dengan sendirinya dan uang akan mengalir. Jika Kamu pernah menjalankan bisnis kecil – bahkan bisnis dari rumah – Kamu harus tahu masih banyak lagi!

1. Riset Pasar

Hal pertama yang harus selalu Kamu lakukan sebagai calon pemilik usaha kecil adalah melakuakan riset pasar. Kemudian temukan pesaing Kamu, lalu penawaran yang tersedia dari produk atau layanan Kamu, dan temukan pusat penjualan unik nya. Ini saja bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Setelah Kamu puas bahwa ada pasar untuk produk atau layanan yang Kamu  pasarkan, Kamu perlu memilah-milah rencana bisnis dan proyeksi arus kas.

2. Hitung Modal Yang Dibutuhkan

Bisnis kecil mungkin tampak berbiaya rendah tetapi banyak dari mereka menyerap banyak modal bahkan sebelum mereka menghasilkan keuntungan, jadi sekarang, kecuali Kamu sangat beruntung, Kamu harus menentukan bagaimana membiayai bisnis kecil Kamu. Apakah Kamu sedang menata ulang rumah Kamu? Mencari mitra investasi? Pinjam dari teman atau keluarga? Atau mendekati bank? Apa pun yang mamti nya Kamu pilih, Kamu perlu meyakinkan orang lain bahwa bisnis kecil Kamu akan menguntungkan dan mereka akan mendapatkan keuntungan atas uang mereka.

3. Tidak Melupakan Hal Penting

Begitu keuangan sudah siap, waktunya kerja keras dimulai. Kamu mungkin sudah memiliki tempat untuk diatur, pemasok untuk disortir, karyawan untuk dipekerjakan dan dikelola, akun untuk disimpan, produk untuk dirancang, pengacara untuk berkonsultasi, akuntan untuk disewa, dan kita tidak boleh melupakan semua pasar ini dan mendapatkan semua pelanggan penting itu. untuk melihat dan membeli produk Kamu.

BACA JUGA  Apakah Bisnis Kecil Kamu Membutuhkan Situs Web?

4. Iklan

Untuk melakukan ini, Kamu harus mengiklankan bisnis kecil Kamu, tetapi di mana dan berapa biayanya? Jangan lupa bahwa Kamu harus menawarkan dukungan pelanggan dan menerima pengembalian.

Lalu ada pembuangan limbah … berulang-ulang. Siapa yang membayar semua ini – dalam istilah sederhana  investor atau bank Kamu akan membayar sampai Kamu menjual cukup produk atau layanan untuk menutupi biaya – biasanya setelah beberapa bulan atau bahkan tahun.

5. Ketekunan

Bisnis kecil baru jarang menghasilkan keuntungan di tahun pertama, dan seringkali tidak selama dua atau tiga tahun. Pastikan Kamu dapat mendanai dengan benar. Kamu tidak cepat menyerah, sering kali bisnis kecil mengalami banyak kendala, tapi itu bukan alasan.

Ketekunan adalah kunci untuk bisnis kecil Kamu bisa mengalami kesuksesan, jadi Kamu harus tetap tekun dan bekerja keras sesuai dengan apa yang Kamu inginkan.

Apakah itu layak dilakukan? Itu adalah keputusan Kamu, tetapi setiap tahun puluhan ribu orang memulai bisnis mereka sendiri dan banyak dari mereka yang sukses dan menuai hasil dari semua kerja keras ini. Tetapi banyak dari mereka juga gagal, seringkali karena kurangnya persiapan

Jika Kamu ingin meluncurkan bisnis baru, persiapkan dengan baik. Dengan perencanaan yang baik, ketekunan, dan banyak kerja keras, Kamu juga bisa membangun bisnis kecil yang menguntungkan. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *