5 Langkah Mudah Untuk Mengembangkan Bisnis Kecil dari Rumah

5 Langkah Mudah Untuk Mengembangkan Bisnis Kecil dari Rumah

Membuka bisnis atau usaha sampingan dari rumah ditengah pandemi COVID-19 yang sedang mewabah di seluruh dunia ini merupakan sebuah pilihan alternatif. Menarik rasanya apabila Kamu bisa menuangkan ide ide yang Kamu punya langsung dituangkan ke tempatnya.

Bisnis sampingan berpotensi memberikan sumber penghasilan baru atau tambahan yang menjanjikan. Bisnis dari rumah saja pun tidak bisa dianggap remeh, apalagi sekarang bisnis kecil kecilan mempunyai peluang besar untuk bertumbuh di masa depan nanti.

Nah agar bisnis kecil dari rumah kamu dari kamu bisa laris manis, intip dan praktikan 5 langkah mudah nya ini:

1. Memiliki Ide Cemerlang

Pertama, tentu saja, Kamu harus punya ide. Biasanya, peluang kerja dapat dibagi menjadi empat kelompok:

1. Menampilkan produk / jasa yang ada di pasar yang sudah ada.
2. Memperkenalkan produk / layanan yang sudah ada ke pasar baru.
3. Memperkenalkan produk / layanan baru di pasar yang sudah ada
4. Memperkenalkan produk / layanan baru ke pasar baru.

Pada titik ini, satu-satunya batasan adalah imajinasi Kamu sendiri. Inspirasi bisa datang dari mana saja, Bisa saja kamu memulai dari hal yang kamu sukai seperti hobi yang ingin diubah menjadi bisnis, karena nanti nya Kamu akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus bisnis ini. Atau Kamu mungkin memiliki bakat yang ingin Kamu manfaatkan.

Setelah Kamu menemukan yang ingin Kamu kerjakan, saat nya untuk melihat pasar yang ada.

BACA JUGA  Mengenal 7 Software Untuk Mengakses Internet

2. Mensurvei Pasar

Ketika Kamu memiliki ide bagus dan ingin sekali mengikutinya, sekarang saatnya mengambil tindakan. Untuk tujuan latihan, katakanlah Kamu memiliki hasrat untuk hidup sehat, dan Kamu ingin membagikan berbagai aksesori gaya hidup yang mempromosikan hidup sehat dengan pendekatan lakukan sendiri.

Tanyakan orang-orang di sekitar Kamu: Apakah ada pasar untuk produk yang mempromosikan hidup sehat? Produk apa saja yang ada? Dengan siapa nanti nya Kamu akan bersaing dan apa yang ditawarkan pesaing Kamu? Apakah Kamu memiliki keterampilan untuk mengelola bisnis semacam itu dan yang terpenting, bisnis apa ini? Di manakah lokasi bisnis Kamu?

Setelah Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Kamu harus memiliki gambaran yang jelas tentang seperti apa bisnis Kamu nantinya.

3. Sistem Administrasi yang baik

Letak kesuksesan suatu bisnis yaitu pada administrasi nya. Jangan sampai Kamu melupakan hal ini, Bisnis kecil dari rumah pun harus memperhatikan apa saja yang harus diperhatikan, seperti rekam admisnistrasi yang baik bisa berdampak bagi perkembangan untuk masa depan

Cara nya yaitu jangan pernah mencampurkan dana pribadi Kamu ke dana bisnis. Cata semua keuangan masuk dan keluar sekecil apapun nilai nya. Mencatat administrasi akan memudahkan Kamu mengetahui bisnis yang sedang Kamu lakukan ini membuahkan untung atau rugi.

4. Memiliki Modal yang cukup

Walaupun modal bukan syarat utama, tetapi menjalankan bisnis ini juga bukan berarti kamu bisa memulai nya dengan tangan kosong. dibutuhkan seperti biaya pengiklanan, membeli alat produksi, gaji karyawan dan lain lain.

Modal bisa Kamu dapatkan dari hasil tabungan Kamu atau pinjaman Bank, tetapi pastikan kamu sudah bisa menerima dan memperhitungkan konsekuensi nya dengan baik ketika kamu meminjam dari bank. ketahui seberapa mampu Kamu untuk membayar, terutama ketika bisnis Kamu mengalami kendala.

BACA JUGA  Memulai Bisnis Katering untuk Ibu Rumah Tangga

Jangan lupa, iklan bisa mahal, jadi Kamu perlu memastikan bahwa Kamu membelanjakan anggaran iklan dengan bijak. Itu berarti lebih banyak riset pasar, kali ini secara individual. Buat profil grup pelanggan Kamu sehingga Kamu dapat mengarahkan pemasaran Kamu ke pelangggan yang tepat.

Pilih nama bisnis, cetak beberapa kartu nama, beli beberapa saham, dan bersiaplah untuk berdagang!

5. Ukur dan Kelola

Seorang guru menjelaskan kepada saya bahwa dalam bisnis, jika Kamu tidak dapat mengukurnya, Kamu tidak dapat mengelolanya.

Walaupun hanya bisnis kecil dari rumah, Kamu harus bisa membuat rencana untuk ke depan nya, dan untuk melakukannya Kamu perlu mengetahui – atau dapat memprediksi secara akurat – total penjualan Kamu. Persamaannya sederhana: Jumlah pelanggan x Penjualan rata-rata x Frekuensi kunjungan per pelanggan per tahun = Total Penjualan. Ingat, sering ulas, ukur bisnis Kamu dan Kamu akan bisa mengelolanya!

Awasi keuntungan Kamu dan yang terpenting, selalu waspadai arus kas Kamu.

Semoga artikel ini dapat membantu Kamu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *