4 Poin yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Branding

4 Poin yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Branding

Saat ini menjadi seorang pengusaha banyak diminati, karena melihat kesuksesan orang-orang yang menjadi pengusaha yang kaya. Akan tetapi, untuk menjadi pengusaha, Kamu harus siap bekerja keras dan memiliki mental yang kuat untuk menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil.

Namun, ketika Kamu telah mempunyai usaha, ada istilah Branding. Apa itu Branding? Branding adalah berbagai macam kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dengan tujuan membangun dan membesarkan merek agar lebih dikenal masyarakat luas.

Branding dilakukan agar produk atau jasa memiliki ciri khas, pembeda serta keunggulan dibanding dengan merek lainnya.

Berikut empat poin yang harus kamu ketahui sebelum melakukan branding:

1. Image

Membangun image yang baik dapat diawali dengan memperkenalkan positioning yang kuat pada brand tersebut. Branding adalah membangun positioning yang ingin di tonjolkan di benak pelanggan.

contoh:

Lion Air: Tiket murah dan tepat waktu

Aqua: Air dari sumber pegunungan

2. Konsisten

Saat menjalankan sebuah perusahaan diperlukan sikap konsisten yang tinggi, karena konsisten adalah kuncinya, Pengenalan yang konsisten akan memastikan para pelanggan Kamu selalu mengenali produk Kamu. Konsisten dengan logo, logo visual, nada, dan teks iklan.

Contoh:

Coca-Cola adalah salah satu merek paling terkenal di dunia karena tidak berubah selama beberapa dekade. Pastikan brosur, situs web, dan semua iklan lainnya memiliki nuansa dan pesan yang sama.

3. Misi

Merupakan perencanaan awal dengan mengidentifikasi target pasar Kamu, seperti pemilihan logo, tagline, dan nama. Cara dalam pembuatan brand yaitu dengan cara mengidentifikasi target pasar dan target penjualan agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Contoh:

Apabila produk kamu otomotif, pastinya logo harus laki laki banget, maskulin dan tidak berwarna pink.

4. Values

Walaupun produk yang Kamu jual sama dengan yang lain, akan tetapi kamu mempunyai nilai yang berbeda dari yang lain. Value merupakan nilai atau citra perusahaan di pandangan masyarakat atau konsumen.

Contoh:

PT. Sinde Budi Sentosa melakukan pelestarian Badak Jawa, Pelestarian ini dilakukan di Taman Nasional Ujung Kulon. Yang dimana PT ini  mendonasikan semua hasil penjualan nya untuk program pelestarian Badak Jawa.

Berikut adalah poin poin penting yang harus Kamu ketahui sebelum melakukan branding pada perusahaan Kamu. Semoga Membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *