Cara mengembalikan file yang terhapus permanen

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

 

Cara mengembalikan file yang terhapus permanen sebenarnya bisa kamu lakukan dengan mudah. Baik file yang ada di Android atau file yang berada di dalam laptop. Terkadang, karena menemukan banyaknya foto yang berada di dalam perangkat, kita ingin langsung menghapusnya.

 

Sayangnya, karena terburu-buru menghapus data yang ada di dalam perangkat tersebut, kita menjadi menghapus data yang sebenarnya benar-benar penting. Jika menggunakan perangkat komputer atau laptop, file yang kamu hapus nantinya akan dipindahkan ke recycle bin serta dapat dikembalikan hanya dengan beberapa klik.

 

Bila kamu tidak menghapusnya dari recycle bin, nantinya file tidak akan terhapus secara otomatis dalam waktu 30 hari. Tetapi, bila kamu melakukan penghapusan file dengan menggunakan kombinasi delete dan shift, serta mengosongkan recycle bin, atau bahkan menggunakan aplikasi untuk menghapus file, folder bisa terhapus secara permanen.

 

Namun, kamu tidak perlu cemas, karena meskipun sudah kamu hapus dengan permanen, bukan berati file tersebut hilang dari laptop. Begitu juga dengan Android, meskipun kita menghapus file di Android, bukan berarti kita sudah benar-benar menghapusnya. Berikut beberapa cara mengembalikan file yang terhapus permanen.

 

Mengembalikan Folder yang Terhapus Permanen Pada Laptop

 

Cara pertama dengan menggunakan metode restore serta backup. Dengan menggunakan metode ini, kamu bisa dengan mudah mengembalikan file yang sudah dihapus dengan permanen pada laptop tanpa perlu menggunakan software. Cara ini dapat kamu lakukan pada Win 7, 8 atau 10. Tetapi cara ini hanya dapat digunakan bila kamu mempunyai data backup di Win backup.

 

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengklik start, nantinya akan muncul lambang win dan kemudian pilih control panel. Bila sudah memilih control panel, kamu bisa memilih system and maintenance kemudian backup. Klik restore my files dan pilih backup yang sudah kamu buat sebelumnya.

 

Kamu bisa memilih lokasi tujuan penyimpanan file. Cara lainnya dengan melakukan restore previous versions. Bila kamu menggunakan laptop dengan Win 7, 8 serta 10, cara mengembalikan file yang terhapus permanen ini relatif mudah. Tetapi pastikan kembali bila fitur file history sudah aktif sebelumnya.

 

Untuk mengembalikan file, kamu bisa mencari folder tempat file terhapus, kemudian klik kanan dan pilih restore. Nantinya, kamu akan melihat daftar yang terisi berbagai macam folder dan file. Pilih versi paling baru kemudian klik restore agar bisa mengembalikan file yang terhapus dengan permanen.

 

Terakhir, dengan menggunakan aplikasi. Bila kamu tidak memiliki backup atau tidak bisa menggunakan metode-metode tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Kamu tinggal mengunduh aplikasi tersebut, kemudian jalankan seperti biasa. Pilih file tempat folder terhapus.

 

Nantinya aplikasi akan secara otomatis melakukan pemindaian lokasi yang kamu pilih, dan nantinya hasil pemindaian akan ditampilkan pada bagian deleted files. Kamu bisa memilih file yang ingin kamu kembalikan, klik OK bila sudah menyelesaikan proses tersebut.

 

Mengembalikan Folder yang Terhapus Permanen Pada Android

 

Cara pertama dengan menggunakan Recuva File Recovery. Software ini dapat digunakan untuk menghapus file yang sudah terlanjur terhapus di Android. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mendownloadnya, kemudian menjalankan aplikasi dan sambungkan perangkat dengan kabel USB.

 

Kamu bisa memilih jenis file yang ingin dikembalikan. Bila bingung mana file yang ingin kamu kembalikan, kamu bisa memilih all files, sehingga kamu mengembalikan semua file yang terhapus. Pilih dimana tempat penyimpanan terakhir file tersebut kemudian klik OK.

 

Nantinya aplikasi akan melakukan scanning kemudian mencari file yang terhapus atau hilang. Tunggu sampai semua proses pengembalian file selesai. Cara mengembalikan file yang terhapus permanen lainnya dengan menggunakan Wondershare Dr. Fone. Aplikasi ini dirancang secara khusus agar bisa mengorganisasi data di handphone.

 

Agar bisa menjalankannya, kamu bisa mendownload aplikasi tersebut kemudian instal di PC, sambungkan pada perangkat android dengan menggunakan USB. Aktifkan USB Debugging dari ponselmu. Di dalam tahap ini, HP mu berarti sudah terhubung dalam aplikasi, kamu hanya perlu memilih file yang ingin dikembalikan.

 

Mengembalikan file dari laptop atau dari Android yang terhapus sebenarnya mudah. Tetapi bila kamu menggunakan software lain atau aplikasi, lebih baik pilih aplikasi secara berhati-hati agar tidak terjadi tindak pencurian data yang tidak kamu ingini. jadi praktekkan cara mengembalikan file yang terhapus permanen dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *