5 Cara Merawat Diri Agar Terhindar dari Jerawat

Ada beberapa hal yang dapat Kamu lakukan setiap harinya untuk memastikan kulit Kamu agar terhindar dari iritasi.

5 cara merawat diri agar terhindar dari jerawat

1. Olahraga rutin

Menjaga kebugaran tubuh bisa membantu mengurangi jerawat dengan melawan setres dan depresi. Tapi, ada beberapa yang harus Kamu perhatikan dalam melakukan rutinitas olahraga. Seperti pakaian, alat, dan perlengkapan olahraga yang Kamu kenakan.

Misalnya, pakaian ketat yang terbuat dari lycra dan nilon mungkin terlihat bagus di film, tetapi jika Kamu rentan terkena jerawat, hindari bahan sintetis yang cenderung membuat lembap dan panas yang menyebabkan keringat berlebih. Sebaiknya, pilih pakaian longgar yang terbuat dari katun agar lebih banyak udara yang masuk ke kulit Kamu.

Jika selesai berolahraga, pisahkan pakaian basah dari keringat. Kemudian mandi dan ganti ke pakaian yang kering dan bersih. Dan jangan lupa tetap menjaga kebersihan perlengkapan olahraga Kamu.

2. Pemakaian Kosmetik

Untuk menghindari pori-pori tersumbat dan iritasi kulit yang dapat menimbulkan jerawat, gunakan produk berlabel non-comedogenic atau oil-free. Wajah yang berkilau dapat mengandung mineral bersisik yang disebut mika yang bisa mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori. Bahan lain dalam pewarna yang dapat menyebabkan reaksi serupa adalah turunan tar batubara, cochineal, dan krim kental dalam blush on.

Penggunaan lip gloss yang sering juga dapat menyumbat pori pori, semakin berkilau semakin banyak pula pori pori yang tersumbat. Dan hati-hati juga dengan penggunaan krim mata yang mengandung konsentrasi pelembab yang lebih banyak daripada krim dan losion biasa, yang berarti krim mata memiliki kemampuan lebih besar untuk menyumbat pori-pori di area sekitar wajah Kamu.

BACA JUGA  Sebelum Melakukan Perawatan Jerawat, Ini lah 5 Hal Yang harus Kamu Ketahui!

3. Diet

Studi menunjukkan bahwa diet tidak berpengaruh apa pun dalam penyebab atau pengobatan jerawat. Akan tetapi, diet akan berpengaruh ketika Kamu tidak mengkonsumsi makanan yang pas untuk kebutuhan tubuh Kamu, karena kulit adalah organ terbesar di dalam tubuh. Jadi ingatlah untuk memperhatikan pola makan Ka dan konsumsi vitamin, mineral, dan suplemen lain yang sehat. Ini akan membantu mencegah dan mengatasi jerawat.

4. Kebersihan

Merawat kulit yang sehat tidak boleh menggosoknya secara kasar dan pencucian yang berlebih, karena hal ini dapat menyebabkan potensi iritasi kulit atau potensi produksi minyak yang berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori. Tidak masalah menggunakan produk pencuci muka. Hindari produk alkohol jika memungkinkan. Hal ini dapat menghilangkan lapisan atas kulit Anda dan menyebabkan kelenjar mengeluarkan lebih banyak sebum, yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

Jika Anda melihat area berjerawat, jangan mengotak-atiknya. Ingatlah bahwa minggu-minggu ini sedang dalam proses pembentukan, dan tekanan atau munculnya noda dapat memaksa area yang terkena untuk menarik kembali ke dalam, menambah kecemasan di area tersebut dan mungkin meninggalkan bekas luka. Jika perlu, cari bantuan dari dokter kulit untuk perawatan alternatif.

5. Mencukur

Mencukur tidak hanya dilakukan oleh pria saja, tetapi untuk wanita juga. Tujuan nya adalah untuk mengelupas atau mengangkat kulit mati dan membantu mencegah timbulnya jerawat. Untuk beberapa kasus jerawat ringan yang telah diobati, mencukur bisa membantu menghilangkan komedo putih dan komedo dari wajah. Perhatian: untuk area wajah yang terkena infeksi (kemerahan, sensitivitas, jerawat terbuka, lepuh, dll.), Jangan bercukur. Atau setidaknya gunakan krim cukur untuk kulit sensitif!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *